Rem Mobil Terasa Tersendat-sendat, Ini Solusinya


Semarangpos.com, JAKARTA – Ketika menginjak penuh rem mobil, sering kali mobil melambat namun dengan tersendat-sendat dan terasa getaran naik turun pada pedal. Nah, untuk mengatasinya simak terus tips otomotif berikut ini!
Menurut Technical Support Auto2000, Agus Mustafa masalah tersebut wajar terjadi pada mobil, tidak terkecuali Toyota Avanza. Ada beberapa faktor yang mungkin menyebabkan pengereman tersendat-sendat itu.
Pertama, itu bisa karena permukaan piringan cakram (disc) rem depan bergelombang. Kedua, terdapat kotoran seperti debu maupun lumpur yang mengeras dan menempel pada permukaan kampas rem depan. Kemungkinan ketiga, sudah rusaknya bearing roda depan sehingga terasa oblak ketika melakukan pengereman.
Tips untuk mengatasinya, pemilik mobil harus mengecek fisik cakram depan. Apabila ketebalannya masih memenuhi standar, maka cukup dibubut supaya fisiknya kembali normal.
“Tapi kalau disc rotornya sudah melebihi batas maka harus diganti. Mengukur ketebalan permukaan disc harus menggunakan alat khusus dial gauge yang hanya ada di bengkel,” terang Agus seperti dikutip Solopos.comdari laman Liputan6, Kamis (19/5/2016).
Tips kedua perhatikan pula kampas rem depan. Pertama bersihkan komponen tersebut dari kotoran dan kerak. Cek pula permukaannya, apabila bergelombang dapat diratakan dengan amplas kasar. Tetapi jika sudah tipis, sebaiknya diganti baru.
Sementara jika kerusakan terdapat pada bearing, langkah untuk mengatasinya tidak dapat ditawar-tawar lagi, yakni harus membawa mobil ke bengkel untuk mengganti komponen tersebut dengan yang baru.
Sumber : Semarangpos.com



Komentar